Senin, 12 Desember 2011

Jangan hapus NTLDR di XP ! !

Hi guys, ini cerita gue pas iseng2 utak-atik komputer nyokap.

Waktu itu lptp nyokap lemot, jd aku kirain penyebabnya aplikasi yg terlalu banyak karena melihat spek dari laptop ug minim. lalu aku hapus beberapa file yang ada di C:. Waktu itu posisi folder dalam posisi show hidden files, sehingga beberapa file system muncul dalam deretan file2 yang ada. Dan karena pengetahuan gue yang minim tentang sistem komputer (waktu itu gue kira systemnya cuman di C:/Windows) jadi gue hapus beberapa file system yang ada, termasuk ntldr dan teman2nya.

Dan bencanapun muncul setelah gue me-restart laptop tersebut. setelah melewati bios laptop langsung muncul tulisan "NTLDR is missing press ctrl+shift+alt+del to restart". Berbagai cara gue coba buat ngebalikin file NTLDR itu, tp tidak berhasil. Akhirnya gue konsultasi sama suhu cak kristianto, beliau nganjurin buat repair menggunakan cd windows, tapi berhunung terbatasnya senjata gue akhirnya beliau nganjurin buat pake Hiren's.

akhirnya gue browsing nyari cara nggunainnya, dan ternyata nggak susah kok sob. Kalo pengen tau lebih jauh apa itu Hiren's kalian bisa baca disini.

Jadi Hiren's bisa digunakan dengan 2 cara:
pertama Hiren's boot cd
yaitu Hiren's di-boot dengan menggunakan media cd.
kedua Hiren's boot usb
ini adalah cara alternatif bagi pc yang tidak memiliki dvd-room. cukup dengan flashdisk 1Gb sudah cukup untuk membuat bootable usb dari Hiren's. Langkah-langkah membuat Hiren's boot usb kalian bisa baca disini.

0 komentar:

Posting Komentar